Ubah Prilaku dan Pola Konsumsi untuk Selamatkan Lingkungan

MEMPERINGATI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA, 5 JUNI 2013

Indonesia dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2013 mengusung tema  ”Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan“. Pemilihan tema ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang mudah serta membuka kesadaran masyarakat atas pentingnya menyikapi pemanfaatan makanan dan sumber-sumber kehidupan.

Tema yang diusung Pemerintah Indonesia ini sangat berdasar dalam menyikapi persoalan lingkungan yang terjadi di Indonesia, karena pada dasarnya kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup diawali oleh prilaku manusia khususnya manusia Indonesia dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup yang terus menerus melakukan pemanfaatkan sumber daya alam yang ada secara tidak berkelanjutan.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup sebagaimana dirilis di website resminya perilaku peduli lingkungan dan perilaku konsumsi masyarakat Indonesia belum mengindikasi perilaku yang ramah lingkungan. Beberapa data yang diaungkap antara lain:

  • Indeks Perilaku Peduli Lingkungan (IPPL) sebesar 0,57 dari angka mutlak 1.
  • 49,3% pemenuhuhan bahan makanan masih berasal dari import.
  • Konsumsi masyarakat akan produk lokal hanya 36,4 %.
  • Sisa makanan organik yang dikomposkan hanya 2,2 %, selebihnya menjadi sampah

Prilaku konsumtif manusia Indonesia saat ini menjadi suatu gaya hidup dan menciptakan pola konsumsi yang tidak seimbang, akibatnya manusia-manusia Indonesia didorong untuk mengacuhkan dampak prilaku tersebut bagi lingkungan hidup. Prilaku konsumtif yang secara berlebihan dan tidak seimbangnya antara pemanfaatan dengan pengelolaan secara berkelanjutan mengakibatkan permasalahan dikemudian hari, salah satu permasalahan tersebut adalah mengenai limbah makanan. Limbah makanan yang tidak dikelola secara bijak berakibat pencemaran terhadap lingkungan dan sumber-sumber kehidupan seperti air, tanah, dan udara.

saya mengucapkan Selamat Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2013 dan mari Ubah Prilaku dan Pola Kosumsi untuk Selamatkan Lingkungan.

“Menyelamatkan Lingkungan hanya mungkin dilakukan kalau di mulai dari diri sendiri, mengubah prilaku dan menjaga keseimbangan alam”

About these ads